Cara Install Aplikasi NEO FEEDER PDDIKTI Langsung Online

NEO FEEDER adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Setiap perguruan tinggi di Indonesia wajib menggunakan aplikasi FEEDER tersebut untuk sinkronisasi data dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI). Aplikasi NEO FEEDER ini dapat diperoleh secara gratis melalui website resmi DIKTI, yang dapat diinstal di sistem operasi Windows maupun Linux.

NODE.ID menawarkan solusi instalasi aplikasi NEO FEEDER PDDIKTI dengan manfaat antara lain sebagai berikut:

Up to Date. Aplikasi sudah siap install dengan terbaru versi v1.0.6b (25 Juni 2022).
Flexible Port. Server sudah disetting agar bisa dibuka dengan atau tanpa port 8100.
Bebas Repot Instalasi. Anda hanya perlu memesan server instance dengan kapasitas yang diinginkan serta memilih template NEO FEEDER yang disediakan. Dalam waktu kurang dari 5 menit, aplikasi NEO FEEDER telah siap digunakan.
Efisiensi Biaya. Harga dimulai dari Rp 240ribu per bulan (+PPN), Anda tidak perlu membeli server dan membayar jaringan internet untuk aplikasi NEO FEEDER online yang bisa diakses kapan saja dan dari mana saja.
Cloud Technology. Aplikasi NEO FEEDER Anda mendapat manfaat dari berbagai fitur teknologi awan NODE.ID yang telah terbukti ketangguhannya.

Cara Menjalankan Aplikasi NEO FEEDER PDDIKTI di NODE.ID
  1. Login ke NODE.ID atau daftar terlebih dahulu jika belum mempunyai akun di NODE.ID.
  2. Tambah saldo deposit Anda untuk bisa memesan layanan di NODE.ID. Anda bisa transfer ke rekening biasa atau rekening virtual.
  3. Pilih kapasitas yang diinginkan. Anda bisa memilih dari paket yang tersedia atau membuat paket sendiri sesuai kebutuhan. Pastikan saldo Anda cukup untuk paket yang Anda pilih. Anda juga bisa upgrade paket di kemudian hari.
  4. Setelah bisa masuk ke halaman "Add Server", masukkan nama/label server Anda. Pilih Template sebagai sumber instalasi. Pilih sistem operasi "NEO FEEDER PDDIKTI - Ubuntu 20.04 LTS (Focal Fossa) - 64bits". Masukkan hostname misalnya: neofeeder.namakampus.ac.id. Kemudian klik tombol "Add Order".
  5. Tunggu sebentar sampai proses instalasi selesai. Begitu instalasi selesai, Anda akan mendapat alamat IP publik yang bisa langsung diakses dengan HTTP, misalnya http://103.219.248.xx

    HINT: Untuk bisa menggunakan aplikasi NEO FEEDER PDDIKTI, mohon untuk mengikuti petunjuk yang ada di halaman login aplikasi atau di http://pddikti-admin.kemdikbud.go.id.
    Aplikasi NEO FEEDER PDDIKTI secara default akan terinstall tanpa SSL.

    Untuk instalasi baru yang belum punya data sebelumnya atau sudah melakukan sinkronisasi ke PDDIKTI, bisa langsung melakukan "INISIASI DATA" dengan langkah-langkah sebagai berikut:.

    1. Download file prefill dari https://pddikti-admin.kemdikbud.go.id/ (jika diperlukan bisa generate ulang)
    2. Extract untuk mendapatkan file (nama-acak).prf
    3. Upload file prf tersebut ke server di folder /home/prefill_pddikti/ menggunakan aplikasi yang bisa didownload dari https://winscp.net. Atau jika Anda menggunakan Windows 10 ke atas, bisa langsung lewat command prompt dengan perintah berikut:
      scp (lokasi-dan-nama-acak.prf) root@(ip-server-anda):/home/prefill_pddikti/
      Silahkan ganti (lokasi-dan-nama-acak.prf) sesuai lokasi file prf, misalnya C:\adaadasdasd.prf
    4. Masuk ke server melalui aplikasi putty lalu jalankan perintah ini:
      attach-prefill
      Jika Anda menggunakan Windows 10 bisa langsung melalui command prompt dengan perintah ini:
      ssh root@(ip-server-anda) attach-prefill

    Untuk yang sebelumnya SUDAH mempunyai data di Feeder (versi 4.1) di NODE.ID, maka bisa mencoba "MIGRASI DATA" dengan prosedur sebagai berikut:

    1. PENTING! Jangan uninstall versi lama dulu, karena versi lama akan digunakan untuk migrasi data.
    2. Lakukan sinkronisasi data terlebih dahulu ke server DIKTI.
    3. Setelah instalasi NEO FEEDER berhasil, silahkan buka browser dan masukkan alamat IP yang baru diberikan. Anda akan mendapat tampilan "FAQ HELPDESK NEO FEEDER", silahkan baca sampai selesai. Jika Anda ingin menggunakan alamat sub domain kampus Anda (misalnya neofeeder.namakampus.ac.id), jangan lupa untuk menambahkan DNS record sub domain tersebut mengarah ke alamat IP yang baru saja didapatkan.
    4. Klik tombol "MIGRASI DATA" di sisi kiri yang berwarna kuning. Masukkan username dan password kampus Anda. Lalu untuk host, masukkan alamat IP server Feeder lama Anda yang diberikan oleh NODE.ID. Untuk port tetap menggunakan 54321.
    5. Lanjutkan proses migrasi sampai selesai.
    Sesuai informasi dari PDDIKTI bahwa FEEDER versi 4.1 tidak akan sinkron setelah tanggal 28 Februari, maka setelah tanggal tersebut Anda dapat menghapus server versi lama dengan cara masuk ke halaman detail server di NODE.ID, pilih tab "Subscription", lalu klik tombol "Cancel Order".
NEO FEEDER PDDIKTI - NODE.ID